Minggu, 09 Desember 2012

keamanan data dalam jaringan

KEAMANAN DATA DALAM JARINGAN KOMPUTER

PENDAHULUAN
- Data-data yang dikirimkan melalui jaringan komputer dan internet sebagian data-data penting.Hal ini mengundang pihak lain untuk mencuri dan memanfaatkan data-data tersebut untuk keuntungan pribadinya.Tentu saja pemanfaatan data-data tersebut akan merugikan pemilik data pencurian dan pemanfaatan data-data oleh orang tidak berhak merupakan sebuah kejahatan.

HACKER DAN CRACKER
- Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mencari kelemahan sistem jaringan secara ilegal.Orang yang melakukan kegiatan sering disebut hacker.
- Cracker adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud mencuri,mengubah,atau menghancurkan file,atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada jaringan tersebut.Orang yang melakukan kegiatan cracking disebut cracker.

APLIKASI
1. IP Scanner
2. IP Sniffer
3. Spamming
4. Password Cracking
5. Email Bombs
6. Network Analyzer
7. TCP wrapper
8. Dll.

Hacker terkenal

Kevin Mitnick Dani F A.K.A Xnuxer

Metode/Cara kerja Hacker Cracker

1. Spoofing bentuk penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker bisa login ke sebuah jaringan komputer secara ilegal.
2. Scanner menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan medeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer di jaringan lokal komputer.
3. Sniffer berfungsi sebagai penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer.Program tersebut mengatur kartu jaringan(LAN CARD) untuk memonitor dan menangkap semua lalu lintas paket data yang melalui jaringan.
4. Password Cracker program ini dapat membuka password yang sudah di enkripsi(dikodekan).Selain itu,ada juga password cracker yang bekerja dengan menghancurkan sistem keamanan password.
5. Destructive device program ini berupa virus yang di buat menghancurkan data-data.


Menjaga Keamanan data

1. Firewall (Dinding Api/benteng)
2. Kriptografi (Seni Menyandikan data)
3. Secure socket layer (menyandikan data)

1. Firewall
Firewall berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal dengan data-data yang berada jaringan komputer tidak dapat diakses oleh pihak-pihak luar yang tidak bertanggung jawab.
Ada dua cara :
a. filter (antivirus,windows firewall)
b. proxy (router proxy blocking)

2. Kriptografi
- Sebuah seni menyandikan data.Data yang akan di kirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet.Sehingga penyadap tidak dapat mengerti isi data yang dikirim karena masih berupa kata sandi.
- Ada dua proses kriptografi
a. enkripsi proses mengubah data asli menjadi data sandi.
b. deskripsi proses mengembalikan data sandi menjadi data asli
Data asli(disandikan) disebut plain text,sedangkan data hasil penyadian disebut cipher text.

3. Secure Socket Layer ( SSL )
Berfungsi untuk menyandikan data dengan cara ini komputer yang berada di antara komputer pengirim dan penerima tidak dapat membaca isi data.

0 komentar:

Posting Komentar