Minggu, 09 Desember 2012

perangkat jaringan komputer

 perangkat jaringan komputer

        Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).Tujuan dari jaringan komputer. 

 perangkat -perangkat sebuah jaringan komputer ,yaitu:
 
File Server

Sebuah file server merupakan jantungnya kebanyakan jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang berkapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sisitem Operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk membuat jaringan.
Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node-node/komponen didalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman database atau pengolah kata dari Workstation atau salah satu node ke node yang lain, terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, menyimpan informasi dan membaginya lagi dengan cepat.

Workstations

Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation. Workstation minimal mempunyai Kartu jaringan, Aplikasi jaringan (Software jaringan), Kabel untuk menghubungkan ke jaringan, hampir semua jenis komputer dapat di jadikan sebagai workstation.

Network Interface Card (NIC) atau Kartu Jaringan
kartu jaringan, NIC
Kartu Jaringan/Network Interface Card(NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah internal, yaitu kartu jaringan yang sudah terpasang pada slot ekspansi di dalam Motherboard sebuah komputer. Beberapa komputer mempunyai MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputer. Pada komputer notebook (seperti punya saya ini) ada slot untuk kartu jaringan yang biasanya disebut PCMCIA slot.
Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring, yang saat ini populer adalah Ethernet, lalu di ikuti oleh TokenRing, dan LocalTalk.

Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet

Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah terpasang kartu jaringan Ethernet di dalamnya. Kartu jaringan Ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kebel Coaxial ataupun kabel Twisted Pair, jika didesain untuk kabel Coaxial untuk koneksinya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel Twisted Pair maka konektornya adalah RJ-45. Berberapa kartu jaringan Ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan Coaxial, Twisted Pair, dan Fiber Optic (FO).

LocalTalk Connector / Konektor LocalTalk

LocalTalk adalah kartu jaringan untuk komputer Macintosh, menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke port untuk printer, kekurangan dari localtalk dibandingkan dengan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya, Ethernet di jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini, hampir disetiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet terpopuler saat ini adalah jaringan raksasa yang merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung dan saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer tergabung dalam internet berlipat ganda. Asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan LocalTalk hanya dapt beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan 0.23 Mbps.

Token Ring Card

Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang kartu jaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung kartu jaringan ke Kabel Network.

Hub / Konsentrator
HUB,Switch,Konsentrator

Sebuah Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kebel-kabel jaringan dari tiap-tiap workstation server atau perangkat lain. Dalam Topologi Star, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam Hub. Hub mempunyai banyak slot konsentrator yang mana dapat di pasang menurut nomor port dari card yang di tuju.

Repeater
Repeater

Pada sebuah Local Area Network (LAN) menggunakan Topologi Star dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana di ketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) adalah 100 meter, maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut di pasanglah sebuah repeater pada jaringan tersebut.

Bridge / Jembatan

Bridge adalah perangkat yang membagi satu buah jaringan ke dalam dua buah jaringan, ini di gunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan jaringan sangat cepat makanya di perlukan sebuah jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridge dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelah nya dan juga pada jaringan yang lain di sebelah nya pula. Kalau di ibaratkan bahwa Bridge ini seperti Polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk atau mudik lebaran,hahaaaa..

Router

Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit dibandingkan Bridge, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirim sebuah pesan yang berdasarkan atas alamat tujuan dan alamat asal.

Sekian artikel tentang Perangkat Keras Jaringan Komputer yang bisa saya tulis dan mumpung lagi senang dan pengin banget menulis artikel ini, artikelnya lumayan banyak dan saya sudah capek menulisnya, jadi sekian dulu ya, Asalamualaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar